Cara Mengenal Band Rock Pink Floyd Untuk Pemula

Cara Mengenal Band Rock Pink Floyd Untuk Pemula – Era musik rock berkibar di tahun 1960an hingga 1980an. Beberapa bAnda ternama dari Inggris bermunculan dan salah satunya adalah Pink Floyd. Meskipun tidak murni memainkan genre rock, band tersebut berhasil mendapatkan nama besar karena memberikan nuansa baru yaitu psychedelic pop. Istilah ini mungkin terdengar asing di zaman sekarang karena sedikit sekali band yang sukses. Tentu saja, Pink Floyd menjadi contoh nyata yang perlu diketahui.

Band ini sudah tidak aktif karena sudah mengundurkan diri secara formal beberapa tahun lalu. Lebih dari 50 tahun, Pink Floyd berkarya dan merasakan era keemasan. Anda penggemar baru pasti bingung dari mana harus memulai mengenal band ini. Album Pink Floyd lumayan banyak apalagi mereka mengeluarkan album dengan jarak yang dekat. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

– Era Syd Barrett

Pendiri sekaligus vokalis awal Pink Floyd adalah Syd barrett. Namanya mungkin tidak terkenal seperti Mick Jagger atau John Lennon. Band ini terbentuk di Inggris pada tahun 1967. Itu adalah era dimana musik rock sedang naik daun. Pink Floyd mengeluarkan album pertama berjudul The Piper at The Gates of Dawn.

Selanjutnya, beberapa album mulai bermunculan. Saat ini, dunia masih belum melihat genre yang dibawa Pink Floyd sebagai sesuai yang memiliki potensial. Orang-orang menganggap lirik dan gaya musik mereka terdengar aneh. Selain itu, mayoritas lagu memiliki periode yang panjang sehingga kurang cocok untuk sebagian besar pendengar.

– David Gilmour dan Popularitas Pink Floyd

Karena masalah personal, Barrett mengundurkan diri. Pink Floyd mencari vokalis baru. David Gilmour bergabung dan penulis lirik utama adalah Roger Waters. Band melanjutkan kembali di dunia musik. Album The Dark Side of the Moon dirilis tahun 1973. Apresiasi untuk album ini sangat besar karena orang-orang melihat hal baru dan musik mereka dianggap memberikan hal yang fresh.

Kesuksesan album ini dilanjutkan ke rilisan berikutnya yaitu Wish You Were Here. Judulnya seperti album romantis. Akan tetapi, konten dan lagu serta melodi berkatan lain. Pink Floyd mengungkapan aspek kehidupan termasuk psikologi manusia dan perang. Tema-tema seperti ini sedang tren saat ini. Album lainnya yaitu The Wall yang dirilis tahun 1979 menguatkan image Pink Floyd. Inilah periode dimana band mendapatkan penjualan tertinggi.

Perlu Anda ketahui, band ini menjual lebih dari 250 juta copy. Jumlah yang sangat fantastis sehingga layak masuk ke daftar musisi dengan penjualan tertinggi. Hanya beberapa penyanyi atau band mampu melampaui catatan tersebut.

– Tour dan album terakhir

Album terakhir Pink Floyd adalah The Endless River tahun 2014. Jeda antara album tersebut dan sebelumnya adalah sekitar 20 tahun. Sejak saat ini, band tidak lagi mengeluarkan album. Para penggemar dapat menikmati beberapa koleksi kompilasi yang dirilis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan penggemar.

Anda mungkin tidak akan melihat lagi mereka bermain secara live. Tour sudah selesai dan menjadi event bersejarah. Akan tetapi, ada kemungkinan untuk mengaktifkan kembali Pink Floyd jika situasi mendukung. Bagi penggemar baru, beberapa rilisan konser dan tour tersedia di pasaran.

Pink Floyd termasuk band ikonik. Ketika yang lain mengikuti arus apalagi saat itu genre rock sedang naik daun, band ini justru memakai pendekatan berbeda. Musik gaya baru memberikan suara yang unik. Akhirnya, inilah yang menjadi kekuatan utama Pink Floyd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *